Kesehatan

5 Tanda Si Kecil Perlu Mendapatkan Asupan Susu Formula Menurut SehatQ

merek susu formula

Mengamati tumbuh kembang anak menjadi tugas penting bagi semua orang tua. Jika ada tanda-tanda si kecil tidak mendapatkan asupan gizi seimbang maka orang tua perlu melakukan tindakan yang tepat. Salah satunya adalah dengan membeli merek susu formula terbaik dan memberikannya kepada si kecil sesuai dengan rekomendasi tenaga kesehatan.

Tanda Anak Perlu Susu Formula

Pemberian susu formula sebenarnya tidak wajib apalagi jika anak masih berusia di bawah 2 tahun. Pada rentang usia ini anak seharusnya masih menerima sumber gizi dari ASI. Namun, dalam kondisi tertentu susu formula dapat dijadikan pilihan. Berikut adalah 5 tanda yang menunjukkan buah hati perlu menerima asupan susu formula:

1. Berat Badan Kurang

Tanda pertama yang paling mudah dilihat adalah berat badan anak yang jauh dari angka normal. Penting sekali bagi orang tua untuk memantau perkembangan berat badan anak lewat penimbangan secara rutin. Perhatikan juga pergerakan grafik berat badan anak setiap bulan. Apakah bobot tubuh si kecil dalam angka normal atau tidak.

Jika selama 3 bulan berturut-turut berat badan anak tidak mengalami peningkatan atau kurva cenderung menurun maka perlu diwaspadai. Segera konsultasikan pada dokter dan tanyakan apakah susu formula dapat dijadikan solusi. Apalagi jika anak susah makan, susu formula mungkin dapat dijadikan alternatif agar berat badan anak kembali di grafik normal.

2. Status Gizi Rendah

Masih berhubungan erat dengan berat badan si kecil, susu formula dapat diberikan jika anak menderita status gizi rendah. Biasanya saat berat badan tak bertambah selama 3 bulan berturut-turut maka dokter akan melakukan pemeriksaan. Jika memang status gizi anak rendah maka harus dilakukan tindakan perbaikan yang tepat.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah memberikan si kecil susu formula. Pilih merek susu formula terbaik yang memiliki kandungan gizi lengkap. Selain itu, penting juga untuk tetap mengimbangi asupan gizi dengan memakan makanan sehat bergizi lengkap.

3. ASI Tidak Mencukupi

Anak juga perlu diberikan susu formula apabila tidak menerima ASI yang mencukupi. Ini dibutuhkan pada anak yang masih di bawah usia 2 tahun. Jika anak seharusnya masih menerima ASI, maka perhatikan dulu bagaimana ketersediaan ASI yang bisa diterima anak. Jika produksi ASI sudah tidak mencukupi maka konsultasikan ke dokter apakah pemberian susu formula dapat dilakukan atau tidak.

4. Sudah Lepas ASI

Anak-anak yang sudah waktunya lepas dari ASI bisa juga segera menerima asupan gizi susu formula. Lepas dari ASI ini bisa disebabkan oleh beberapa penyebab. Bisa jadi karena anak sudah cukup usia yaitu lebih dari 2 tahun atau bisa juga karena faktor kesehatan sang ibu. Jika memang anak sudah tidak menerima ASI, maka tanyakan pada dokter bisakah untuk segera meminum susu formula.

5. Dehidrasi

Susu formula dapat menjadi sumber cairan bagi tubuh si kecil. Penting sekali bagi orang tua untuk melihat kecukupan cairan pada tubuh anak, apakah memang cukup atau tidak. Jika anak menunjukkan tanda-tanda dehidrasi maka bisa coba diberikan susu formula sebagai sumber cairan lain. Kondisi dehidrasi bisa ditunjukan dengan tanda bibir dan mulut kering serta frekuensi buang air kecil berkurang.

Itulah tadi 5 tanda anak mulai membutuhkan asupan susu formula. Coba saja untuk mencari review atau rekomendasi dari layanan SehatQ mengenai produk susu formula yang tepat. Anda juga tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan dan konsultasi dapat dilakukan pula lewat layanan telemedicine ini.