Edukasi

Contoh Lamaran Kerja Online

Saat ini sudah banyak perusahaan meminta para pelamar untuk mengirimkan berkas lamaran melalui online saja. Bisa dari email, atau bentuk media sosial lainnya, sayangnya masih banyak orang belum memahami bagaimana contoh lamaran kerja online yang benar agar menarik perhatian HRD.

Hal yang Harus Ada Dalam Lamaran Kerja Online

Mengirim lamaran kerja sekarang sudah bisa melalui email, akhirnya banyak orang yang tidak tau dan menganggap hal ini susah. Padahal teknologi ada untuk memudahkan segala bentuk kegiatan manusia. Jika ingin mengirimkan lamaran lewat email perhatikan ketentuan berikut ini :

  • Pakai Alamat Email dengan Nama Profesional Saja

Jika ini adalah kali pertama Anda menggunakan email sebagai media mengirimkan lamaran kerja, jangan lupa untuk mengubah domain menjadi nama asli saja. Hal ini agar Anda terlihat sebagai pekerja profesional. Saat alamat email terkesan alay dan mengada-ada maka pihak perusahaan kurang suka.

Lebih baik ubah terlebih dahulu alamat email menjadi lebih baku dan setidaknya ada nama asli di dalamnya, Misalkan saja Lala.Setyaningsih@gmail.com dan semacamnya. Jika memang susah dan tidak tau pengaturannya Anda bisa buat baru lagi pakai nomor lain menyesuaikan nama asli saja.

  • Menyiapkan Berkas yang Dibutuhkan

Sama Halnya dengan mengirimkan email ke kantornya langsung, Anda juga harus mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Seperti CV, Ijazah, Portofolio (untuk posisi tertentu biasanya grafis). SKCK dan lain-lain. Berkas menyesuaikan kebutuhan dari permintaan dan posisi yang akan dilamar.

Setelah semuanya sudah disiapkan dengan baik, Anda harus mengikuti ketentuan mengirimkan lamaran online yakni melakukan scan file dan mengubahnya ke ukuran yang sama. Setelah itu jangan lupa juga mengubah format menjadi PDF atau bisa juga di zip . Sesuai kebutuhan saja.

  • Jangan Lupa Untuk Isu Subject Email

Terakhir adalah jangan lupa untuk mengisikan subject email sesuai dengan ketentuan dari perusahaan. Biasanya mereka akan menuliskannya dalam informasi lowongan pekerjaan tersebut, jadi perhatikan baik-baik. Karena ini merupakan aspek agar tim HRD bisa tau jenis email tersebut.

Jika email yang Anda kirimkan tidak ada tulisan subject, jangankan dibaca dilihat saja tidak. Bisa-bisa itu hanya dianggap email spam saja. Bayangkan betapa pentingnya mengisi subject, setidaknya agar peluang dipanggil interview bisa semakin besar, jadi pastikan poin ini terpenuhi dengan baik.

Contoh Lamaran Kerja Online Via Email Lulusan SMA  

To      : recrutmen_butikanneavantie@co.id

Cc      : hrd@butikannessemarang.co.id

Subject : Lamaran Pekerjaan Tenaga Payet

Dengan Hormat

Melalui surat lamaran ini saya ingin  mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di butik yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini yaitu tenaga pasang payet. Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                               : Inayah Kusumaningsih

Tempat/tanggal lahir        : Semarang 9 Maret 1997

Jenis Kelamin                   : Perempuan

Pendidikan Terakhir          : SMK Jurusan Teknik Menjahit

Alamat                             : Jl. Semar No,18 Mangkang Semarang

No. Hp                              : 081435677154

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu dan untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan dengan ini saya lampirkan juga kelengkapan data diri saya sebagai berikut :

  1. Pas Photo Terbaru
  2. Scan KTP
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Scan Ijazah Terakhir
  5. Scan SKCK Terbaru
  6. Scan Sertifikat Workshop dan Kejuruan
  7. Scan Surat Keterangan PKL  dan Magang

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih

Hormat Saya

Inayah Kusumaningsih

Bentuk contoh lamaran diatas bisa Anda coba untuk dimasukkan ke berbagai perusahaan besar negeri maupun swasta. Nah sekarang sudah tidak bingung lagi jika perusahaan meminta Anda mengirimkan lamaran kerja online via email saja.